(Banyumas-DesaJateng) – Festival oyek di Desa lumbir Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Terutama Bupati banyumas yang hadir didampingi ibu Hj. Erna bersama Kapolres Banyumas. Meskipun acara ini sempat akan dibatalkan karena kondisi pandemi covid 19.

Bupati Banyumas dalam sambutannya menghimbau kepada para pengunjung festifal agar di masa pandemi seperti ini acara-acara yang mengundang masa hanya bisa dilaksanakan jika tidak melebihi kapasitas 300 orang. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi penyelenggara dan Pemerintah Desa Lumbir untuk mengatur masa yang begitu antusias tetap dalam prosedur protokol kesehatan penanggulangan covid 19.

Festival oyek adalah salah satu acara yang rutin diselenggarakan di Desa Lumbir sebagai kebudayaan lokal. Oyek juga dipilih menjadi salah satu Program Inovasi Desa di wilayah kecamatan lumbir. Oyek itu sendiri adalah bahan makanan yang terbuat dari singkong melalui berbagai proses hingga menjadi bahan makanan Pengganti beras. Dalam acara tersebut oyek diolah menjadi berbagai jenis makanan yang tergolong baru bagi masyarakat lumbir sendiri. Aneka kreasi dari oyek dihidangkan dari kelompok kelompok kecil ibu ibu antara lain tumpeng oyek dan roti cake yang tersaji di festival oyek tersebut.

Manfaat dari Festifal ini yakni mampu menjadikan oyek yang sebelumnya monoton hanya sebagai nasi oyek berubah menjadi aneka jenis bentuk, rupa dan rasa makanan. Diharapkan dari acara tersebut Oyek menjadi salah satu komoditas pangan sekaligus bentuk menjaga ketahanan pangan masyarakat ke depan dalam menghadapi masa pandemi. Maka, Daerah lumbir yang tergolong tidak mampu melaksanakan swasembada pangan berupa beras, tetapi mampu mengganti swasembada pangan menjadi penghasil oyek yang berkualitas. Jadi, siapa yang ingin merasakan oyek khas lumbir? silahkan mampir dan cicipi rasa lezatnya ke Desa Lumbir.

(Edi — PLD Kec. Lumbir)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *